Kemenag Kota Padang Evaluasi UM dan Peningkatan Mutu Pembelajaran Madrasah

KEPALA Kantor Kemenag Kota Padang H. Marjanis dan pakar pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, pada kegiatan Evaluasi Ujian Madrasah (UM) dan Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah yang dilaksanakan di aula Saili Tamin Kantor Kemenag Kota Padang.


PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang memperlihatkan bukti keseriusannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah. Kali ini, jajaran Kemenag Kota Padang menggelar Evaluasi Ujian Madrasah (UM) dan Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah baik MI, MTs, dan MA dengan menghadirkan pakar pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd. 

Kegiatan itu dilaksanakan Kamis (1/4/2021) di aula Saili Tamin Kantor Kemenag Kota Padang.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kemenag Kota Padang H. Marjanis, Kasubbag TU Zulfahmi, Kasi Dikmad H. Erman Syofa, Ketua Tim Evaluasi UM H. Akhri Meinhardi, Sekretaris Evaluasi UM Zulfadhli Ulfa yang juga selaku narasumber dan para kepala madrasah serta guru-guru madrasah yang berkualifikasi S2.

Kegiatan tersebut dibuka dan pimpin langsung oleh H. Marjanis didampingi H. Erman Syofa. Kegiatan dimulai dengan presentasi hasil analisis validitas dan reabilitas soal Ujian Madrasah (UM) oleh Zulfadhli Ulfa dengan mengambil sample soal UM MTsN 2 Padang. Zulfadhli dalam paparanya mengatakan semua soal UM MI, MTs, dan MA se-Kota Padang sudah selesai dianalisis secara valid namun karena keterbatasan waktu hanya diambil satu madrasah saja sebagai sample.

$ads={1}

Sementara, pakar pendidikan UNP H. Sufyarma Marsidin yang juga Ketua Badan Akreditasi Provinsi (BAP) memberikan penguatan tentang evaluasi UM dengan menjelaskan rumus, teori, teknis, dan langkah-langkah untuk menguji validitas dan reabilitas soal sesuai dengan undang-undang serta pendapat para pakar pendidikan nasional dan internasional.

H. Sufyarma Marsidin juga memberikan motivasi, semangat, dan peluang kepada pendidik yang sudah S2 untuk melanjutkan pendidikan ke S3 di UNP dengan konsentrasi Administrasi Pendidikan. Motivasi juga diberikan kepada pendidik golongan IV.a untuk naik ke IV.b dan juga akan memfasilitasi pendidik yang belum memiliki Sertifikat Pendidik untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Di tempat yang sama, Kakankemenag Kota Padang H. Marjanis mengatakan kegiatan ini sengaja dilaksanakan sebagai bukti nyata keseriusan dalam peningkatan mutu pembelajaran di madrasah dan untuk mengevaluasi UM secara menyeluruh sesuai dengan alat ukur.

“Hasil evaluasi ini akan menjadi rujukan dan pedoman pada ujian-ujian selanjutnya agar lebih baik, lebih valid, dan lebih bermutu,” ujar H. Marjanis.

$ads={2}

Ia juga ‘membakar’ semangat pendidik yang sudah S.2 untuk bisa mengambil program doktoral atau S.3 di UNP dan UIN Imam Bonjol Padang. Apalagi, H. Sufyarma Marsidin sudah membuka peluang untuk memfasilitasinya. 

H. Marjanis juga mendorong guru-guru golongan IV.a untuk naik pangkat ke golongan IV.b dan seterusnya. “Tidak ada kata sulit, tidak bisa, tidak mungkin, dan kata-kata pasrah lainnya. Kalau bisa lebih baik, kebih tinggi, dan lebih sejahtera kenapa tidak? Kalau tidak sekarang kapan lagi? Kalau tidak kita siapa lagi?” pungkas H. Marjanis. (ak)

Peserta kegiatan Evaluasi Ujian Madrasah (UM) dan Peningkatan Mutu Pembelajaran di Madrasah yang dilaksanakan di aula Saili Tamin Kantor Kemenag Kota Padang.
Lebih baru Lebih lama