Pecah Rekor! Puluhan Siswa MAN 3 Padang Lulus SNMPTN 2021

KEPALA MAN 3 Padang Plus Keterampilan, Afrizal, saat memberikan pembekalan pada Diklat Kedisiplinan Siswa, baru-baru ini.

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan MAN 3 Padang Plus Keterampilan. Sebanyak 33 orang siswanya tercatat lulus di perguruan tinggi favorit dan unggulan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang hasilnya sudah diumumkan pada Senin sore (22/3/2021).

Kepala MAN 3 Padang Plus Keterampilan, Afrizal mengungkapkan jumlah siswa yang lulus SNMPTN tahun ini melejit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hebatnya, kelulusan siswa tahun ini merupakan rekor jumlah terbanyak sepanjang MAN 3 Padang itu berdiri.

“Tiap tahun memang jumlah siswa yang lulus SNMPTN selalu meningkat. Namun syukur alhamdulillah, tahun ini angka siswa yang lulus SNMPTN melejit, benar-benar meningkat signifikan,” ujar Afrizal kepada BRAVOSUMBAR, Selasa (23/3/2021).

Yang lebih membanggakan lagi, jumlah kelulusan tahun ini mencapai angka sekitar 40 persen dari jumlah siswa MAN 3 Padang yang mendaftar SNMPTN sebanyak 90 orang lebih.

Menurutnya, prestasi ini merupakan buah manis yang dipetik dari kerja keras segenap majelis guru yang telah membimbing siswa, khususnya dalam memberikan saran, masukan, dan arahan kepada siswa untuk memilih jurusan yang berpeluang besar untuk lulus. 

$ads={1}

Untuk itu, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada majelis guru serta para wakil kepala madrasah yang telah bekerja tanpa kenal lelah dalam menggenjot kualitas pendidikan di MAN 3 Padang. Ucapan terimakasih juga ia sampaikan kepada tenaga kependidikan/pegawai yang selalu siap memperlancar segala urusan administrasi yang dibutuhkan siswa.

“Tentu saja, ucapan terimakasih terbesar dan tak terhingga kita sampaikan kepada Bapak Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri beserta jajaran dan Bapak Kakan Kemenag Kota Padang, H. Marjanis beserta jajaran yang selama ini selalu memberi bimbingan dan arahan kepada MAN 3 Padang. Sehingga, madrasah ini bisa berkembang pesat dari waktu ke waktu. Baik dari segi kualitas pendidikan maupun dari jumlah siswanya,” kata Afrizal didampingi Waka Humas Ihsan Lubis, Waka Sarpras Mashuri, Waka Kesiswaan Robby Esa, dan Waka Kurikulum Syafrizal Tanjung.

Lebih lanjut Afrizal merincikan 33 siswa yang lulus SNMPTN 2021 itu sebanyak lima orang diterima di Universitas Andalas (Unand), satu orang di ISI Padangpanjang, dan 28 orang diterima di Universitas Negeri Padang. Selain 33 siswa yang lulus SNMPTN 2021, sebanyak 7 orang siswa MAN 3 Padang juga lulus melalui PMB Poltekkes Kemenkes dan satu orang di Universitas Perintis. 

“Ini baru data sementara. Insya Allah jumlah siswa kita yang lulus di perguruan tinggi akan bertambah melalui jalur seleksi lainnya, seperti SBMPTN, PTKIN, dan lainnya,” kata Afrizal.

$ads={2}

Terpisah, Rektor UNP, Prof. Ganefri mengatakan peminat UNP tahun ini meningkat. Tercatat sebanyak 2.456 pendaftar SNMPTN dinyatakan lulus seleksi SNMPTN di UNP dari 23.553 pendaftar. 

“Ini merupakan jumlah pendaftar terbesar di Sumatera Barat,” katanya, Selasa (23/3). 

Menurutnya, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) selalu menjadi unggulan yang mempunyai banyak peminat. Tahun ini menepati urutan pertama peminat tertinggi pada Jalur SNMPTN. Kemudian disusul oleh Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Administrasi Negara, Psikologi, dan Manajemen Perhotelan. 

Seluruh calon mahasiswa UNP yang dinyatakan lulus SNMPTN selanjutnya diwajibkan melengkapi segala persyaratan dan dokumen yang nantinya akan digunakan pada tahapan pendaftaran ulang calon mahasiswa baru jalur SNMPTN 2021. 

“Bagi siswa yang belum diterima melalui seleksi SNMPTN jangan berkecil hati karena masih ada jalur UTBK-SBMPTN dan jalur Mandiri UNP,” ujarnya. Sebagaimana diketahui, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada Senin (22/3). Pada tahun ini sebanyak 595.093 siswa mengikuti seleksi dan sebanyak 110.459 peserta yang lolos dalam SNMPTN 2021. Jumlah siswa yang dinyatakan lulus tersebut terdiri dari peserta reguler sebanyak 80.555 dan calon penerima bantuan biaya pendidikan tinggi dari pemerintah lewat Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 29.904. (ak)

Lebih baru Lebih lama