MTsN 1 Padang Wujudkan Ujian Madrasah Sesuai SOP Berstandar Nasional

KETUA Panitia Ujian Madrasah MTsN 1 Padang, Idra Putri menyampaikan pemaparan pada coaching pengawas. Kegiatan coaching itu dipimpin oleh Hj. Rifdawati selaku penanggungjawab ujian madrasah.

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Ujian Madrasah (UM) tingkat MTs di lingkungan Kemenag Kota Padang Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dimulai sejak Senin lalu (22/3/2021) dan akan berlangsung hingga Sabtu (27/3/2021). 

MTsN 1 Padang bertekad menjadikan pelaksanaan UM ini berstandar nasional, mulai dari naskah soal, LJK, pengawas, bunyi bel, waktu, tata tertib pengawas, dan tata tertib siswa yang mengacu pada SOP Ujian Madrasah berstandar nasional.

Untuk mewujudkan hal tersebut, panitia menggelar coaching pengawas jelang UM dimulai, Senin (22/3/2021) di ruangan Majelis Guru. Hadir pada kegiatan tersebut semua unsur pimpinan yang juga panitia UM, antara lain Kepala MTsN 1 Padang Hj. Rifdawati, Wakil Kepala Bidang Kurikulum Idra Putri yang juga ketua panitia, Kaur TU Hj. Harmita selaku sekretaris panitia, Wakasis Hj. Maryani Sastera, Waka Sarpras Suhelri, dan Waka Humas Dafril, Tuanku Bandaro. Selain itu juga hadir lengkap pengawas ruang sebanyak 45 orang.

$ads={1}

Hj. Rifdawati selaku penanggungjawab UM mengatakan coaching pengawas ini bertujuan untuk menyamakan persepsi agar teknis dan tata tertib UM dapat terlaksana sesuai standar nasional. Apalagi semua mata ujian memuat soal jenis HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi. Rifdawati menekankan kemampuan siswa untuk menganalisa adalah hal yang penting. Maka dari itu, soal HOTS diharapkan dapat membuat siswa terbiasa dengan soal-soal yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi yang juga diterapkan dalam materi ujian SBMPTN.

Dalam coaching tersebut, semua panitia dan pengawas menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen tertulis untuk melaksanakan UM dengan integritas yang tinggi dan dengan sebaik-baiknya.

Sementara, ketua panitia Idra Putri menyampaikan pelaksanaan UM telah disiapkan dengan matang dan maksimal. “Mudah-mudahan UM berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Yang paling penting, meningkat mutu dan kualitas siswa yang lulus juga meningkat sehingga memudahkan mereka diterima di madrasah dan SMA/SMK favorit di Sumbar,” tuturnya. (ak)

Lebih baru Lebih lama