Kakan Kemenag H. Marjanis Lakukan Monev Ujian Madrasah di MTsN 1 Padang

KEPALA Kantor Kemenag Kota Padang, H. Marjanis menyampaikan arahan saat melakukan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan ujian madrasah di MTsN 1 Padang.

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Pandemi covid-19 telah membuat dunia pendidikan mengalami restorasi yang signifikan sehingga menuntut para pelaku dan pelaksana pendikan untuk berinovasi. Di sisi lain, pandemi juga memberi tantangan yang amat berat dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang bersama madrasah se-Kota Padang bertekad untuk tetap mensukseskan penyelenggaraan ujan madrasah yang bermutu dan berkualitas di masa pandemi ini. Meski untuk itu pelaksanaan ujian madrasah ada yang dilaksanakan berbasis kertas dan pensil di samping berbasis IT.

Untuk memastikan pelaksanaan ujian madrasah yang berlangsung sejak Senin lalu (22/3/2021) berjalan dengan baik, Kepala Kantor Kemenag Kota Padang, H. Marjanis melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan ujian ke sejumlah madrasah di Kota Padang, salah satunya MTsN 1 Kota Padang di Lubuk Buaya, Selasa (23/3/2021). 

$ads={1}

Pada kesempatan itu, Marjanis menyampaikan sejumlah hal penting guna menguji dan mengevaluasi pelaksanaan UM. Di antaranya yakni validitas dan relevansi antara kisi-kisi dengan naskah soal yang diujikan, reliabilitas soal yang bisa diketahui dari perbandingan antar kelas dan antar madrasah,  analisis soal melalui program SPSS, analisis frekuensi pasca-UM, dan kualitas pembelajaran yang diketahui hasil analisis soal. 

Sementara, Kepala MTsN 1 Padang, Hj. Rifadawati mengucapkan terimakasih kepada Kakan Kemenag Kota Padang atas kunjungan, arahan, pembinaan yang diberikan dalam pelaksanaan UM di madrasahnya. Ia bersama jajaran MTsN 1 Padang siap melaksanakan arahan yang diberikan dan optimis UM tahun ini dapat lebih berkualitas dan bermutu meski dilaksanakan di masa pandemi. (ak) 

Lebih baru Lebih lama