Ribuan Siswa Madrasah di Padang Ujian, Kakan Kemenag H. Marjanis Ingatkan Agar Patuhi Prokes

KEPALA Kantor Kemenag Kota Padang, H. Marjanis berbincang dengan Kepala MAN 3 Padang Plus Keterampilan, Afrizal, di sela kunjungan monitoring pelaksanaan ujian madrasah, Selasa (23/3/2021).

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Sebanyak 4.676 siswa madrasah di Kota Padang mengikuti ujian madrasah tahun pelajaran 2020/2021 sejak Senin (22/3/2021). Siswa tersebut tersebar pada tiga tingkatan pendidikan yang terdiri dari 1.396 orang siswa MA, 2.600 orang siswa MTs, dan 680 orang siswa MI. Ujian digelar hingga 2 April mendatang.

Kepala Kantor Kemenag Kota Padang, H. Marjanis di sela kunjungan monitoringnya ke MAN 3 Kota Padang Plus Keterampilan, di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Selasa (23/3/2021), mengatakan sistem pelaksanaan ujian diserahkan pada kebijakan masing-masing madrasah. Dengan demikian, berdasarkan laporan yang telah dterima serta pengamatan langsung ada  madrasah yang ujiannya menggunakan Kertas dan Pena (KP) dan ada pula yang memanfaatkan aplikasi e-learning. 

“Yang penting pelaksanaan ujian tetap mematuhi prosedur kesehatan,” ujar Marjanis yang merupakan mantan Kakan Kemenag Pasaman Barat ini.

$ads={1}

Ia berharap ujian dapat terselenggara dan terjaga gezahnya dengan baik serta memberikan hasil yang mampu mewujudkan slogan madrasah ‘hebat bermartabat’. 

“Mudah-mudahan siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya di tingkat madrasah ibtidaiyah dapat melanjutkan pendidikannya ke madrasah tsanawiyah, selanjutnya dari tsanawiyah ke ‘aliyah dan dari ‘aliyah ke perguruan tinggi islam atau perguruan tinggi umum favorit lainnya,” harapnya.

$ads={2}

Dalam makna lain, Marjanis mengharapkan agar pendidikan siswa madrasah bisa linear atau setidaknya saat akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi umum nantinya, siswa yang berasal dari madrasah telah memiliki bekal dasar agama yang kuat.

Dari hasil monitoring ke MAN 3 Kota Padang, Marjanis memberikan apresiasi luar biasa kepada Kepala MAN 3 Padang Plus Keterampilan, Afrizal serta seluruh panitia yang telah melaksanakan ujian sesuai pedoman dan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan. (ak) 

Lebih baru Lebih lama