ASN MAN 3 Padang Jalani Vaksinasi Covid-19, Afrizal: Ikhtiar Untuk Mengakhiri Pandemi

KEPALA MAN 3 Padang Plus Keterampilan, Afrizal menjalani vaksinasi covid-19 tahap pertama, Senin (29/3/2021).

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

ASN MAN 3 Padang Plus Keterampilan yang terdiri dari tenaga pendidik dan kependidikan menjalani vaksinasi covid-19 tahap (dosis) pertama, Senin (29/3/2021). Vaksinasi yang dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Air Dingin itu diikuti oleh sekitar 95 guru dan pegawai madrasah.

Sebelum vaksinasi dilakukan, diadakan sosialisasi tentang pentingnya vaksin untuk mengakhiri pandemi covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih. Soisialisasi dilaksanakan di Masjid Nurul Ulum yang berada dalam lingkungan madrasah. Dalam sosialisasi itu juga dipaparkan bahwa sebelum divaksin hendaknya makan dahulu dan setelah vaksin mengurangi aktifitas yang berat selama kurun waktu 12 hari ke depan.

Setelah sosialiasi sekitar 30 menit, proses vaksinasi dimulai yang diawali dengan mengisi formulir dan mengambil nomor antrean. Calon penerima vaksin kemudian menunggu untuk dipanggil menurut nomor antrean. Hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan.

$ads={1}

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di salah satu ruangan kelas yang telah disiapkan. Untuk memberikan kenyamanan bagi peserta vaksinasi khususnya bagi ASN perempuan, vaksinasi dilakukan di bilik khusus. Ada sekitar 8 orang tenaga kesehatan puskesmas yang terlibat dalam kegiatan itu. Masing-masingnya mulai dari menerima pendaftaran, melakukan screening kesehatan, hingga menyuntikkan vaksin atau disebut juga vaksinator.

Kepala MAN 3 Padang Plus Keterampilan, Aftrizal mengatakan vaksinasi merupakan upaya untuk mencegah penyebaran covid-19, bahkan sebagai ikhtiar untuk secepatnya mengakhiri pandemi. Apalagi ini merupakan program nasional yang harus disukseskan.

"Semua guru dan pegawai MAN 3 Padang antusias melakukan vaksinasi. Tidak ada seorang pun yang menolak divaksin. Alhamdulillah, saya telah divaksin dan Insya Allah tidak ada hal yang negatif yang saya rasakan. Semua baik-baik saja. Saya justru merasa lebih semangat dan bertenaga,” tuturnya.

$ads={2}

Ia berharap melalui vaksinasi ini keadaan bangsa segera normal dan pulih dari pandemi. Sehingga, perekonomian dan aktivitas masyarakat bangkit dan bergeliat kembali. “Termasuk proses belajar mengajar kembali normal seperti sedia kala,” imbuhnya.

Meskipun telah divaksin, ia mengimbau para guru dan pegawai tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dan melaksanakan gerakan 5M yang di instruksikan oleh Kementerian Agama RI. “Pasanglah niat dengan lillahita'ala untuk terhindar dari segala penyakit yang akan menghalangi kita dalam melaksanakan aktivitas dan mari kita tunggu vaksin berikutnya (dosis kedua - red) sekitar 14 hari lagi,” pungkas Afrizal. (ak)

Sosialisasi sebelum vaksinasi covid-19 di Masjid Nurul Ulum MAN 3 Padang Plus Keterampilan.
Lebih baru Lebih lama