MAN 3 Padang Peringati Hari Guru dengan Prokes Ketat, Tetap Syahdu dan Penuh Makna - Bravo Sumbar

Mobile Menu

Top Ads

Responsive Leaderboard Ad Area with adjustable height and width.

Berita Terkini

logoblog

MAN 3 Padang Peringati Hari Guru dengan Prokes Ketat, Tetap Syahdu dan Penuh Makna

Rabu, 25 November 2020

Kepala MAN 3 Padang memotong kue pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020, Rabu (25/11/2020).

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Keluarga besar MAN 3 Padang memperingati Hari Guru Nasional tahun 2020 dengan penuh kesederhanaan dan secara minimalis, Rabu (25/11/2020). Namun demikian, kegiatan peringatan Hari Guru itu tetap berlangsung khidmat, semarak, dan penuh makna.

Tema Hari Guru Nasional tahun 2020 adalah 'Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar'.

Kegiatan diikuti Kepala MAN 3 Padang Afrizal, para wakil kepala madrasah, Kaur TU Ardiani, majelis guru dan pegawai, serta siswa dalam jumlah terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, yakni wajib memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Selain itu juga tidak ada kontak fisik guna mencegah potensi penyebaran covid-19.

Panitia peringatan Hari Guru di MAN 3 Padang menyusun rangkaian kegiatan acara dengan memastikan tidak menimbulkan kerumunan atau penumpukan orang dalam jumlah banyak, sesuai instruksi pemerintah dan pedoman peringatan Hari Guru Tahun 2020 dari Kemendikbud dan Kemenag.

Kepala MAN 3 Padang menyerahkan penghargaan kepada tenaga kependidikan berdedikasi pada peringatan Hari Guru Nasional ke-75 tahun 2020, Rabu (25/11/2020).

Peringatan Hari Guru diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Hymne Guru dan Hymne madrasah diiringi instrumen musik yang dibawakan Symphony Man Tigo Community (STMC).

Kepala MAN 3 Padang Afrizal mengatakan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena diperingati dalam situasi pandemi covid-19. Seluruh dunia, terkena dampak langsung. Sekolah, madrasah, dan lembaga pendidikan pun sementara harus ditutup. Data UNESCO mencatat lebih dari 90% atau di atas 1,3 miliar populasi siswa global harus belajar dari rumah.

Menurutnya, hampir satu generasi di dunia terganggu pendidikannya. Akibat pandemi pula, jutaan pendidik dan anak didik dituntut untuk bisa melakukan pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah.

"Situasi sulit ini kadang kala membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak berdaya. Ada pilihan untuk menyerah, ada opsi untuk mengeluh. Namun, kita memilih terus bangkit dan berjuang. Itu karena keyakinan bahwa kita tetap bisa mengupayakan keberlanjutan pembelajaran bagi murid-murid yang kita cintai walau dengan segala keterbatasan," ujar Afrizal.

Akan tetapi, lanjutnya, selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu, bergotong-royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

"Para orang tua begitu aktif terlibat mendampingi anaknya saat belajar dari rumah, bahkan turut pula menjadi guru bagi anak-anaknya. Jutaan guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi," ulasnya.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh insan pendidikan, khususnya segenap pendidik dan tenaga kependidikan di MAN 3 Padang menjadikan situasi pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi.

"Pandemi telah memberikan kita momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang sistem pendidikan untuk melakukan lompatan dalam menghasilkan SDM-SDM Unggul untuk Indonesia Maju, sekaligus mewujudkan slogan Madrasah Hebat Bermartabat," tutur Afrizal.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan anugerah dan penghargaan kepada 18 guru berdedikasi dan berprestasi, operator madrasah, dan pelatih KSMO. Kegiatan diakhiri dengan acara keakraban, seperti pemotongan kue.

Kepala MAN 3 Padang Afrizal menyerahkan penghargaan kepada guru berdedikasi pada peringatan Hari Guru Nasional ke-75 tahun 2020, Rabu pagi (25/11/2020).

DAFTAR PENERIMA PENGHARGAAN PADA PERINGATAN HARI GURU DI MAN 3 PADANG

1. PENULIS BUKU BERDEDIKASI
1) IRDAWATI
2) YULITA SILVIA AMR

2. PEMBINA OLIMPIADE BERDEDIKASI
FARIDA ARIANI

3. WALI KELAS BERDEDIKASI
1) EDRAWATI

4. PELATIH KSMO BERDEDIKASI
1) EDRAWATI
2) FARIDA ARIANI
3) RISMAN
4) HERNIKE FIRTA
5) RUSLINY
6) SURYANIS ALI

5. PENGELOLA ZI BERDEDIKASI
1) HENDRI HASBULLAH

6. OPERATOR BERDEDIKASI
1) DEDI SAPUTRA
2) RISMAN

7. TENAGA KEPENDIDIKAN BERDEDIKASI
1) NEFIRA DEWI
2) MAYANG SURTI PANE

8. PELATIH BERDEDIKASI
1) INDRA NUGHARAHA PRATAMA
2) RIZKI EKA SAPUTRA
3) ALIVIA ANBIYANI

(ak/*)