Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Cepatlah Suasana Mencekam Ini Berlalu

Rabu, 01 April 2020, April 01, 2020 WIB Last Updated 2020-04-01T12:51:43Z


OLEH: H. ADI BERMASA

UNTUK menghindari virus corona masyarakat dianjurkan di rumah saja. Mayoritas rakyat pun patuh. Pasar lengang. Jalan raya sunyi dari keramaian lalulintas. Suasana begitu memprihatinkan. Kita lalui saja. Tak ada jalan lain. Mematuhi seruan pemerintah perlu kita turuti bersama. Bagaimanapun kita berharap dan selalu berdoa cepatlah suasana mencekam ini berlalu.

Kita sebagai warga negara yang hidup di negeri yang sedang mengalami cobaan luar biasa sungguh memprihatinkan. Perekonomian masyarakat di titik nadir. Suasana memang begitu adanya. Kita hidup dalam keadaan memprihatinkan. Ujian yang maha berat. Mayoritas rakyat tak bisa bekerja seperti biasa. Semua kita dalam serba kecemasan.

Kita di Sumatra Barat memang selama ini hidup rukun dan damai saling bertoleransi. Tapi, keadaan terkini sungguh di luar dugaan. Bekerja pun tak lagi tenteram. Seperti pekerja harian di pasar-pasar serta karyawan swasta tak begitu maksimal lagi usahanya. Bahkan tak sedikit di antaranya yang (terpaksa) istirahat. Tak ada orderan. Tak ada permintaan berimbalan uang. Angkutan online sungguh memprihatinkan. Ribuan jumlahnya. Pelaku usaha mandiri itu puluhan juta jumlahnya di negara ini.

Inilah awal hidup mulai menderita. Kelaparan dan beragam jeritan rakyat mungkin akan segera terdengar. Semuanya berkaitan dengan sulitnya kehidupan.

Boleh jadi di antara kita ada yang tak begitu merasakan dampak karena di antara kita pendapatannya ditanggung oleh negara. Gaji tetap rutin diterima apapun yang terjadi. Begitu juga mereka yang banyak simpanannya. Namun yang demikian tak seberapa jumlahnya di negeri ini. Semakin ke pedalaman keadaan sejak dulu sampai kini belumlah begitu menggembirakan

Pemerintah tentu lebih maklum dengan keadaan rakyat terkini di era corona ini. Mencemaskan. Bagi mereka yang pendek pemikiran tentu tak tahan berkelahi dengan perut keroncongan. Akhirnya muncul kebrutalan, perampokan, pemaksaan kehendak, dan beragam aksi tercela lainnya seperti penjarahan dan yang sejenis dengan itu.

Semua kejelekan dan ketercelaan itu bisa saja menjarah lingkungan kita kalau kondisi seperti sekarang berlangsung lama. Inilah masa sulit luar biasa dirasakan. Cobaan corona ini luar biasa parahnya.

Kita tentu tak tahan berlama-lama seperti ini. Lain halnya kalau kemarau tiba, ulama tampil mengomandokan salat minta hujan. Tak lama, hujan pun turun. Tapi mengakhiri corona, apa yang bisa dilakukan? Jelas seruan dari ulama kita juga sangat dibutuhkan. Tapi beramai-ramai berdoa agar corona berhenti juga belum terdengar dilafazkan berjemaah. Terlebih, berkumpul yang melibatkan massa dianjurkan tak dilakukan.

Kita sebagai insan yang lemah, jelas kekuatan ampuh hanyalah berdoa pada Allah SWT. Semoga umat beriman tetap memanjatkan doa keselamatan semoga corona berlalu dari negeri kita ini. Aamiin. *
Komentar

Tampilkan

  • Cepatlah Suasana Mencekam Ini Berlalu
  • 0

Terkini

Topik Populer