Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Siswa Hebat karena Gurunya Hebat

Minggu, 24 November 2019, November 24, 2019 WIB Last Updated 2019-11-24T14:59:33Z
Ilustrasi guru mengajar.
Ilustrasi guru mengajar. 

Oleh: Dafril Tuanku Bandaro
Guru MTsN 1 Kota Padang
“Tonggak macu tonggak musajik, nan katigo tonggak balai-balai, walau anak tuanku walau anak katik, kalau indak baguru indak ka pandai.”

Ungkapan di atas mengandung makna yang sangat dalam bahwa manusia itu tidak mungkin hebat sendiri tanpa ada guru. Apapun latar belakangnya, pejabat tinggi apapun, jika tidak belajar kepada seorang guru dia tidak akan pintar dan hebat. 

Sehebat apapun seorang siswa itu tidak bisa dinafikan bahwa itu adalah karena gurunya hebat. Guru bagi siswanya adalah sosok yang spesial. Guru merupakan sosok idola bagi siswa. Setiap siswa sedikit banyaknya pasti dipengaruhi oleh sosok guru mereka. 

Oleh karena itu, guru harus betul-betul menjadi sosok yang patut diteladani oleh siswa. Ketika siswa melihat guru yang cerdas, guru yang menguasai dan dapat mengajarkan materi dengan baik akan dapat memotivasi siswa untuk seperti guru tersebut. 

Demikian pula, seorang guru yang memiliki kepribadian baik akan dicontoh oleh anak didiknya. Hal ini pasti akan mewarnai kehidupan siswa ke depannya.

Guru hebat adalah guru yang mampu memperkuat terus menerus kompetensinya sebagi guru, yaitu pedagogia, sosial, kepribadian dan profesionalisme. Keempat kompetensi tersebut harus benar-benar menjadi identitas guru, tidak hanya sekadar slogan semata. 

Dengan keahliannya tersebut, guru memegang peranan penting dan strategis dalam peningkatan pendidikan yang bermutu karena guru merupakan ’agent of change’.

Guru hebat adalah guru yang mengabdikan dirinya secara totalitas dan memandang bahwa mencerdaskan siswa adalah kewajibannya. 

Salah satu ciri utama guru hebat adalah menjadi guru di hati siswa, tak hanya sekadar menjadi guru di mata siswa.

Guru di hati siswa adalah guru yang dinanti-nantikan kehadirannya oleh siswa karena selalu ada hal baru yang akan didapatkan oleh siswa. 

Sedangkan guru di mata siswa adalah guru yang hanya dihormati di depan siswa, tetapi di belakangnya menggerutu, bahkan antipati terhadap guru tersebut. 

Ada tujuh unsur yang mesti dimiliki agar dapat menjadi guru di hati siswa, di antaranya sebagai berikut.

  1. Teladan. Guru hebat adalah guru yang mampu memposisikan dirinya sebagai seorang teladan yang akan ditiru, digugu, dicontoh, dan dijadikan referensi akhlak oleh peserta didiknya.
  2. Inspirator. Seorang akan menjadi sosok inspirator jika ia mampu membangkitkan semangat untuk maju dengan menggerakan segala potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi spektakuler bagi diri dan masyarakat. Kesuksesan guru akan mampu menginspirasi anak didiknya.
  3. Motivator. Untuk menjadi motivator seorang guru harus memiliki kemampuan dalam membangkitkan spirit, etor kerja, dan potensi yang luar biasa dalam diri peserta didik. Setiap anak adalah cerdas, yang memiliki kecerdasan berbeda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya. Tugas guru adalah membantu mengembangkan kecerdasan tersebut.
  4. Inovatif. Guru hendaknya memiliki inovasi yang dapat merangsang siswa agar dapat belajar dengan menyenangkan. 
  5. Fasilitator. Tujuan dari pembelajaran adalah mempengaruhi siswa untuk belajar. Artinya, siswa yang aktif belajar (student centered). Guru bertugas memfasilitasi upaya siswa mempelajari sesuatu, peran ini disebut guru sebagai fasilitator.
  6. Mediator. Peran guru sebagai mediator adalah menjadi penghubung yang baik untuk terjadinya interaksi antar siswa, sumber belajar, dan lingkungan.
  7. Evaluator. Peran sebagai evaluator merupakan peran guru yang melengkapi peran-peran sebelumnya. Sebagai evaluator artinya guru harus selalu mengevaluasi metode pembelajaran yang diterapkan. Evaluasi juga berkaitan dengan perkembangan kemajuan peserta didik. Di sini diperlukan totalitas guru dalam melaksanakan tugasnya.


Guru hebat akan melahirkan murid yang hebat. Jangan berharap akan lahir murid hebat jika gurunya tidak hebat. Selamat menjadi guru hebat dan murid yang hebat. *

* Ditulis dalam rangka Hari Guru Nasional ke-74.

Komentar

Tampilkan

  • Siswa Hebat karena Gurunya Hebat
  • 0

Terkini

Topik Populer