Banto Royo yang Menawan

Objek Wisata Banto Royo, Agam.
Objek Wisata Banto Royo, Agam.

SUMBAR kembali memiliki satu lagi objek wisata alam baru. Objek wisata ini terletak di Jorong Kaluang, Nagari Kototangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Namanya Banto Royo. Banto Royo dahulunya merupakan kawasan pebukitan batu kapur dan rawa. Lahan tidur seluas 6,2 hektare itu kemudian diubah menjadi objek wisata dan diresmikan pada Minggu, 28 Oktober 2018 setelah dikerjakan hampir satu tahun terakhir.

Wahana permainan seperti kano, flying fox, dan deretan pohon yang tampak seperti hutan bakau dijamin menjadi magnet yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Para pengunjung bisa bersantai di saung-saung yang didirikan di permukaan rawa atau menikmati pemandangan alam dari atas menara. Selain itu juga terdapat wahana bermain untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, untuk wistawan yang suka mengabadikan moment liburan mereka, pihak pengelola  juga menyediakan beberapa lokasi untuk spot foto yang indah dan menawan.

Dalam pengelolaannya, inisiator Banto Royo, H. Andi Sahrandi, mempekerjakan sebanyak 74 warga lokal. Segala keuntungannya akan diberikan kepada Masjid Nurul Ittihad, kegiatan remaja masjid, kegiatan majelis taklim, Kerapatan Adat Jorong, kelompok belajar Bidasari, pengelolaan taman bermain, pemeliharaan peralatan, dan kebutuhan lain yang sepenuhnya diproyeksikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Objek Wisata Banto Royo, Agam.
Objek Wisata Banto Royo, Agam.

Objek Wisata Banto Royo, Agam.
Objek Wisata Banto Royo, Agam.
Objek Wisata Banto Royo, Agam.
Objek Wisata Banto Royo, Agam.

Camat Tilatang Kamang, Ade Harlien, memberi apresiasi khusus pada H. Andi Sahrandi yang telah menginisiasi munculnya obyek wisata Banto Royo. Menurutnya, keberadaan obyek wisata Banto Royo diharapkan bisa lebih membangun ekonomi kreatif masyarakat. Obyek wisata Banto Royo diharapkan juga bisa hadir menjadi ikon kecamatan Tilatang Kamang bahkan Kabupaten Agam, seiring makin gencarnya program pengembangan potensi alam khususnya pariwisata oleh Pemkab Agam saat ini.

“Kami berharap, objek wisata Bonto Royo bisa menjadi andalan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan tetap berpegang pada prinsip Agam Madani,” ulasnya.

Bagi wisatawan yang ingin ke Banto Royo tidaklah sulit, jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari pusat Kota Bukittinggi melalui jalur Gadut. *
Lebih baru Lebih lama