Ninik Mamak Pengurus KAN Sembilan Nagari Kota Padang Nyatakan Sikap, Independen di Pilgub 2020 -->

Iklan Semua Halaman

Ninik Mamak Pengurus KAN Sembilan Nagari Kota Padang Nyatakan Sikap, Independen di Pilgub 2020

Rabu, 07 Oktober 2020

Ninik Mamak Pengurus KAN Sembilan Nagari Kota Padang Mengelar rapat nyatakan sikap, Independen di Pilgub 2020

PADANG, BRAVOSUMBAR-Dalam Kontestan Pilgub 2020 ini Ninik mamak  sembilan nagari di Kota Padang menentukan sikap tidak melibatkan lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN). Namun, memberikan kebebasan tehadap pribadi masing masing pengurus KAN dalam menentukan pilihan terhadap empat pasang Cagub dan Cawagub di Pilkada Serentak, 9 Desember mendatang. 

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan pengurus KAN Sembilan Nagari Kota Padang di Kantor KAN Nanggalo, Selasa (6/10/2020). 

"Lembaga adat yang tergabung dalam BKS KAN 9 Nagari ini sudah sepakat tidak akan membawa bawa nama lembaga KAN pada masing-masing  nagari, tidak terseret ke dalam  politik praktis mendukung salah satu Paslon di Pilgub Sumbar 2020," ujar Ketua Forum Komunikasi KAN Sambilan Nagari di Kota Padang H Syofyan Dt Bijo SH, Rabu (7/10/2020). 

Dt Bijo mengatakan, sikap yang diambil lembaga KAN yang ada di sembilan nagari di Kota Padang ini agar jangan  kepengurusan terpecah pecah karena terlibat politik praktis. Selain itu juga bisa memecah belah anak kemenakan di dalam nagari. 

Lebih lanjut Dt Bijo menambahkan, empat pasang yang maju di Pilgub tersebut merupakan anak nagari terbaik di Sumbar ini yang layak memimpin Sumbar ini. Maka kemana pilihan yang ditetapkan ninik mamak pengurus lembaga adat (KAN) dipersilahkan kepada pribadi masing masing, untuk menentukan pilihan. 

"Maka dalam ajang pesta demokrasi pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumbar ini , lembaga KAN sambilan nagari di Kota Padang bersikap Independen,"  ungkap Syofyan. (naldi)