Peserta Didik Baru Over Kapasitas, MAN 3 Padang Bangun Lokal Darurat

Iklan Semua Halaman

Peserta Didik Baru Over Kapasitas, MAN 3 Padang Bangun Lokal Darurat

Rabu, 29 Juli 2020

Kepala MAN 3 Kota Padang Afrizal bersama Ketua Komite buya Jamaris Amir di tengah tengah Goro membangun lokal darurat.

PADANG, BRAVOSUMBAR.COM

Menghadapi lonjakan siswa yang over kapasitas, MAN 3 kota Padang bergotong royong membangun lokal darurat.

Kegiatan yang dikomandoi lansung oleh kepala MAN 3 Kota Padang Afrizal itu dilaksanakan pada Rabu (29/7/2020) dan turut dihadiri oleh pengurus Komite Buya Jamaris Amir dan Jasdaini.

Untuk Tahun Pelajaran 2020 ini kita menerima siswa baru sebanyak 375 orang yang disebar di 13 lokal, dengan rincian 1 lokal jurusan keagamaan, 6 lokal jurusan IPA serta 6 lokal jurusan IPS, demikian diungkapkan Afrizal saat ditanya Bravosumbar.

Idealnya di Tahun Pelajaran ini kapasitas lokal yang ada untuk sebanyak 235 orang siswa, sesuai dengan jumlah siswa kelas XII yang telah kita luluskan, lanjutnya. 

"Namun melihatnya besarnya animo masyarakat serta banyaknya permintaan untuk menyelamatkan siswa yang tidak diterima di SMA akibat diberlakukannya sistem zonasi, atas petunjuk dan arahan Kakan Kemenag kota Padang terpaksa MAN 3 membuka diri walaupun kapasitas lokal yang ada sangat terbatas," ulas mantan Kepala MAN Padusunan ini.

"Berkenaan dengan itu, agar konsentrasi belajar siswa tidak terganggu, kita bangunlah lokal darurat ini," tukuknya.

Kepala MAN 3 Padang Afrizal, Kaur TU Ardiani, dan pengurus komite Jasdaini saat meninjau lokasi pembangunan lokal darurat.

Saat ditanya Bravosumbar tentang sumber dana pembangunan lokal darurat ini, Afrizal menjelaskan bahwa pembangunan ini dibiayai dengan dana komite yang ada serta ditambah dengan sisa infak civitas MAN 3 Kota Padang yang terkumpul sebelum libur masa pandemi covid-19.

Sistemnya, bahan bangunan kita beli dari dana yang ada, sementara untuk pelaksanaannya dilaksanakan secara gotong royong oleh keluarga besar MAN 3 Kota Padang, Jelasnya lebih lanjut.

Ke depannya kita berharap semoga MAN 3 Kota Padang mendapatkan bantuan tambahan Ruang Kelas Baru, baik dari dana PUPR ataupun program SBSN. Sehingga animo masyarakat yang  besar menyerahkan pendidikan anaknya di MAN 3 Kota Padang dapat diakomodir, pungkas Afrizal mengakhiri.(Tj)